Program Perencanaan dan Monev
Trending

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Pekalongan 2021 Digelar Melalui Video-Conference

Rabu, 1 April 2020, telah dilangsungkan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Pekalongan 2021. Kegiatan musrenbang kali ini dilangsungkan ditengah kondisi wabah global/ pandemi Covid-19/ Virus Corona. Musrenbang berlangsung melalui Video-Conference di beberapa titik yang telah ditentukan, yakni Aula Sekretariat Daerah Lantai 1, Kecamatan Kajen, Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Wonopringgo, Kecamatan Bojong, serta Kecamatan Wiradesa. Masing-masing lokasi dihadiri 20 peserta, untuk Aula Setda Lantai-1, 30 orang, sehingga total 130 peserta perwakilan di enam titik. Lokasi tadi ditunjuk sebagai perwakilan tempat penyelenggaraan guna meminimalisir kerumunan yang lebih besar dalam upaya pencegahan penjangkitan Virus Corona pada masyarakat. Petugas medis disiapkan pula di pintu masuk masing-masing lokasi untuk pengecekan kesehatan dan pemberian disinfektan, serta para peserta duduk dengan jarak kurang lebih 1 meter.

Sambutan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan, M. Yulian Akbar, S.Sos., M.Si.

Narasumber pada kegiatan Musrenbang 2021 kali ini adalah Kabid Perekonomian Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Endi Faiz Effendi, Spi., MA (melalui Video-Conference), Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pekalongan serta dimoderasi oleh Perwakilan Universitas Pekalongan, Andi Kushermanto, S.E., M.Si. Musrenbang dihadiri oleh Forkompimda dan Kepala Dinas serta perwakilan masyarakat yang melibatkan unsur perempuan dan anak, rekan-rekan penyandang disabilitas, organisasi masyarakat, serta CSR. Perwakilan masyarakat dapat menyampaikan pendapatnya dalam forum tersebut di setiap lokasi yang telah ditentukan.

Musrenbang merupakan sebuah siklus perencanaan dan penganggaran yang wajib dilaksanakan dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2021, sesuai Surat Menteri Dalam Negeri 440-2552 pada tanggal 23 Maret 2020. Kami ikhtiarkan sesuai protokol yang berlaku ditengah pandemi Virus Corona, melalui inovasi Video-Conference serta Live Streaming di Facebook Kabupaten Pekalongan, Youtube Pemkab Pekalongan, serta Radio Kota Santri (RKS).

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan
Peserta Musrenbang di Kecamatan Wonopringgo dari Berbagai Perwakilan Masyarakat. Termasuk Keterwakilan Perempuan dan Penyandang Disabilitas.

Melihat perkembangan pandemi virus corona yang sudah masuk ke Indonesia, musrenbang pada kali ini juga menyampaikan perihal realokasi anggaran terkait penanganan Covid-19/ Virus Corona. Realokasi diarahkan guna pencegahan serta pemenuhan kebutuhan medis terhadap masyarakat dalam upaya antisipatif masuknya pengaruh pandemi Covid-19 di Kabupaten Pekalongan.

Penyampaian Materi oleh Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, M.H.

Lebih lanjut, kegiatan musrenbang pada kesempatan kali ini berfokus untuk perencanaan pembangunan skala kabupaten pada tahun 2021. Usulan kegiatan juga telah melalui penjenjangan mulai dari Musrenbangdes, Musrenbangcam, serta Forum Organisasi Perangkat Daerah. Detail-detail usulan kegiatan disampaikan melalui e-planing, Organisasi Perangkat Daerah, serta beberapa diantaranya melalui Pokok-Pokok Pikiran/ usulan kegiatan anggota DPRD pada masing-masing Dapil.

Respon Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, S.H., M.Si.

Usulan dari masyarakat dalam acara musrenbang disampaikan oleh beberapa unsur, antara lain oleh rekan penyandang disabilitas dan perwakilan desa. Usulan-usulan tersebut merupakan refleksi dari kondisi yang dijumpai diwilayahnya, serta penanganan khusus penanggulangan Covid-19/ Virus Corona.

Kami memohon kepada Pak Bupati kesejahteraan secara umum bagi penyandang disabilitas. Adanya wabah Covid-19/ Virus Corona berdampak terhadap penurunan pendapatan kami hingga 85% dalam bekerja melalui kontak fisik/ tubuh, misalnya tukang cukur, pijat tunanetra dan lain sebagainya.

Perwakilan Penyandang Disabilitas Kabupaten Pekalongan
Video-Conference pada Musrenbang Kabupaten Pekalongan 2021 kali ini.

Pada penghujung acara, penegasan dari Wakil Bupati Hj. Arini Harimurti menyampaikan bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam pembangunan daerah. Realokasi anggaran guna penanggulangan wabah Covid-19/ Virus Corona ini semoga dapat bermanfaat betul bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Pekalongan.

Ketersediaan dana desa guna penanggulangan Covid-19/ Virus Corona juga harus didampingi secara khusus agar penerapannya tidak menyalahi aturan dan tepat sasaran. Kami berkomitmen untuk mengawal hal tersebut.

Wakil Bupati Pekalongan
Penegasan Wakil Bupati Pekalongan Dipenghujung Acara, Hj. Arini Harimurti.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 12.30 ini terselenggara dengan lancar dan tetap memegang prinsip musyawarah perencanaan pembangunan Kabupaten Pekalongan meskipun dilaksanakan melalui Video-Conference jarak jauh.

Moderator dari Universitas Pekalongan, Andi Kushermanto, S.E., M.Si.

Video Selangkapnya bisa disaksikan melalui https://www.youtube.com/watch?v=wUsNQ7ixxeQ

Tim IT Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *