Penelitian dan Pengembangan

Penelitian UNIKA Soegijapranata di Kawasan KABALONG Bersinergi dengan Pemda, Pemdes, serta UMKM Pariwisata

Wujud tugas pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya terkait kebermanfaatan untuk masyarakat dalam bentuk sumbangsih penelitian. UNIKA Soegijapranata berikhtiar mewujudkan hal tersebut di kawasan KABALONG (Karanggondang, Limbangan, dan Lolong). Penelitian dengan tajuk “Strategi Memajukan UMKM Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Potensi Wilayah Kabalong Pekalongan” dilaksanakan oleh Tim Peneliti UNIKA Soegijapranata antara lain, MG. Westri Kekalih S. SE., ME., Dr. Widuri Kurniasari, Dr. Retno Yustini W.

Rabu, 29 Juli 2020 berlokasi di Lolong Adventure, Karanganyar, dilaksanakan Forum Group Discussion yang mensinergikan konteks penelitian strategi memajukan UMKM pariwisata berbasis masyarakat dan potensi wilayah KABALONG Pekalongan. Acara FGD ini dilangsungkan dengan moderasi oleh Tim Peneliti UNIKA Soegijapranata, Pemda (Bappeda Litbang, DINPORAPAR, serta DINPERINDAGKOP-UKM), Pemdes Karanggondang-Limbangan-Lolong, serta UMKM Pariwisata yang saling terintegrasi di kawasan Karanggondang, Limbangan, dan Lolong (KABALONG).

Potensi kewilayahan kawasan KABALONG ini sangat tinggi. Baik dari sisi pemanfaatan untuk pariwisata alam, perkebunan durian, serta UMKM yang potensial untuk mendukung integrasi keduanya.

MG. Westri Kekalih S. SE., ME. (Tim Peneliti dari UNIKA Soegijapranata)

Acara sengaja dilangsungkan di Lolong Adventure untuk pembahasan penelitian secara in-situ, yakni berada di kawasan yang sedang dibahas. Konsep ini baik untuk diterapkan karena pembahas materi langsung bisa melihat, membahas, dan merencanakan guna pengimplementasian konsep di wilayah KABALONG. Lolong adventure sejauh ini merupakan obyek wisata yang sudah survive dan relatif lebih senior dibanding kawasan dalam satu integrasi lainnya, misal Karanggondang dan Limbangan. Namun begitu, konsep pengintegrasian ketiganya dalam satu kawasan KABALONG akan saling mendukung antara satu dan yang lainnya.

Hasil pembahasan penelitian mengakomodir pengintegrasian masing-masing wilayah desa dalam satu kawasan KABALONG. Jika konsep penelitian dapat diimplementasikan, rencananya antara Karanggondang-Limbangan-Lolong dapat berpadu dalam pengembangan kawasan KABALONG baik dari sisi kepariwisataan alam maupun UMKM sebagai pendukung dari sektor masyarakat. Pengunjung masuk obyek wisata terkoneksi sejak dari pintu masuk di dekat Tugu Duren, Kecamatan Karanganyar, lalu kemudian diantar oleh fasilitas transportasi lokal yang mengantar pengunjung ke obyek-obyek wisata dimaksud.

Masyarakat kawasan KABALONG bisa diarahkan untuk pengembangan UMKM Pariwisata. Sebut saja dalam kaitannya membuat handycraft/ souvenir khas kawasan KABALONG yang dijual kepada pengunjung atau sebagai oleh-oleh. Kecamatan Karanganyar yang sudah dikenal sentra durian pun dapat menggunakan hasil olahan-olahan durian sebagai produk unggulan beserta turunannya, misal limbah kulit durian sebagai bahan baku pembuatan gantungan kunci, dan lain sebagainya.

Harapan besar kami, hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat lingkup kawasan Kabalong serta dapat tereplikasi di kawasan-kawasan lain sehingga menjadi lebih produktif.

Dr. Retno Yustini W. (Peneliti Senior UNIKA Soegijapranata)

Peserta sangat antusias selama mengikuti Forum Group Discussion. Peserta mengisi form yang menjadi indikator maupun variabel dalam penelitian yang dilakukan oleh rekan-rekan peneliti dari UNIKA Soegijapranata. Masing-masing desa di wakili oleh Kepala Desanya langsung. Perwakilan UMKM dihadiri oleh ibu-ibu penggerak, baik dari Desa Karanggondang, Limbangan, serta Lolong.

Saya mengucapkan terima kasih karena telah dilangsungkan kegiatan penelitian untuk mengkaji potensi dari wilayah desa kami. Saya sepakat bahwasanya kawasan dari masing-masing desa kami jika terintegrasi dalam satu kawasan KABALONG akan bermanfaat bagi satu dan yang lain, khususnya bagi masyarakat desa.

Hartono (Kepala Desa Karanggondang)

Ulasan Singkat bisa disaksikan dalam video berikut ….

Bidang Litbang
FGD Strategi Memajukan UMKM Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Potensi Wilayah Kabalong Pekalongan
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *